Manajemen Proyek dan Resiko PART III
Minggu ke-7:
(Project Cost Management "Manajemen Biaya")
1. Pengertian Cost dan Project Cost Management
Minggu ke-9:
(Project Human Resource Management "Manajemen Sumber Daya")
Sumber: http://atamarenaperdana93.blogspot.com/2011/12/manajemen-proyek-dan-resiko.html
(Project Cost Management "Manajemen Biaya")
1. Pengertian Cost dan Project Cost Management
Cost (biaya) adalah sumber daya yang dikorbankan atau yang tidak dapat
dihindari, untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Atau dapat juga
diartikan sesuatu yang nantinya akan ditukarkan (dengan keuntungan
tertentu). cost biasanya diukur dalam satuan moneter, seperti dolar.
Manajemen Biaya proyek mencakup proses-proses yang diperlukan untuk
memastikan bahwa proyek ini selesai dalam anggaran yang disetujui
2. Proses Project Cost Management yaitu:
-
Penganggaran (Budgeting) Biaya: Alokasi estimasi biaya keseluruhan
untuk item pekerjaan individu untuk menetapkan data dasar untuk mengukur
kinerja
- Pengendalian Biaya: Pengendalian perubahan anggaran proyek
3. Estimasi biaya, jenis-jenisnya dan alat serta tekniknya
- Estimasi biaya: Mengembangkan perkiraan atau estimasi biaya sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek
- Alat dan teknik dasar untuk perkiraan biaya:
- Analog atau perkiraan top-down: Menggunakan biaya yang sebenarnya dari sebuah proyek, sebelumnya sama sebagai dasar untuk memperkirakan biaya proyek ini
- Perkiraan Bottom-up: Melibatkan memperkirakan item pekerjaan individu atau kegiatan dan menjumlahkan mereka untuk mendapatkan total proyek
- Pemodelan parametrik: Karakteristik proyek Menggunakan (parameter) dalam model matematis untuk memperkirakan biaya proyek
- Alat bantu Komputerisasi, seperti spreadsheet dan perangkat lunak manajemen proyek, yang dapat memudahkan perkiraan biaya dan alat yang berbeda estimasi
http://indrasummerainbow.wordpress.com/2011/10/30/project-cost-management/
Minggu ke-8:
(Project Quality Management "Manajemen Kualitas")
3. Quality Assurance, Quality ControlMinggu ke-8:
(Project Quality Management "Manajemen Kualitas")
1. Pengertian kualitas dan kualitas proyek TI
Mutu (kualitas) dalam kerangka ISO 9000 didefinisikan sebagai “ciri dan karakter menyeluruh dari suatu produk atau jasa yang mempengaruhi kemampuan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan tertentu”. Hal ini berarti bahwa kita harus dapat mengidentifikasikan ciri dan karkter produk yang berhubungan dengan mutu dan kemudian membuat suatu dasar tolok ukur dan cara pengendaliannya
Definisi ini jelas menekankan pada kepuasan pelanggan atau pemakai produk. Dalam suatu proyek gedung, pelanggan dapat berarti pemberi tugas, penyewa gedung atau masyarakat pemakai. Misalnya dari segi disain, kepuasan dapat diukur dari segi estetika, pemenuhan fungsi, keawetan bahan, keamanan, dan ketepatan waktu. Sedangkan dari segi pelaksanaan, ukurannya adalah pada kerapihan penyelesaian, integritas (sesuai gambar dan spesifikasi) pelaksanaan, tepatnya waktu penyerahan dan biaya, serta bebas cacat
Dengan kata lain manajemen Mutu adalah aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi. Dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis, seorang manager proyek harus memasukkan dan mengadakan pelatihan management kualitas. Hal hal yang menyangkut kualitas yang di maksud diatas adalah:Produk / pelayanan / proses pelaksanaan
Mutu (kualitas) dalam kerangka ISO 9000 didefinisikan sebagai “ciri dan karakter menyeluruh dari suatu produk atau jasa yang mempengaruhi kemampuan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan tertentu”. Hal ini berarti bahwa kita harus dapat mengidentifikasikan ciri dan karkter produk yang berhubungan dengan mutu dan kemudian membuat suatu dasar tolok ukur dan cara pengendaliannya
Definisi ini jelas menekankan pada kepuasan pelanggan atau pemakai produk. Dalam suatu proyek gedung, pelanggan dapat berarti pemberi tugas, penyewa gedung atau masyarakat pemakai. Misalnya dari segi disain, kepuasan dapat diukur dari segi estetika, pemenuhan fungsi, keawetan bahan, keamanan, dan ketepatan waktu. Sedangkan dari segi pelaksanaan, ukurannya adalah pada kerapihan penyelesaian, integritas (sesuai gambar dan spesifikasi) pelaksanaan, tepatnya waktu penyerahan dan biaya, serta bebas cacat
Dengan kata lain manajemen Mutu adalah aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi. Dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis, seorang manager proyek harus memasukkan dan mengadakan pelatihan management kualitas. Hal hal yang menyangkut kualitas yang di maksud diatas adalah:Produk / pelayanan / proses pelaksanaan
2. Proses Project Quality Management
Di dalam tuntutan zaman , dan dalam era persaingan bebas, kita harus banyak belajar tentang hal hal yang menyangkut proses manajemen dalam lingkungan kerja, terutama tentang pentingnya sistem dan realisasinya dalam proyek di lapangan
- Management kualitas Proyek
Pada bagian ini di fokuskan pada proses dari management proyek. Ada 2 model atau teknik yang telah sukses di gabungkan dan di terapkan dalam pelatihan di konsultan konsultan konstruksi dalam meningkatkan kinerja proses dari management proyek, antara lain:Continuous Quality Model dan Process Quality Management Model
Di dalam tuntutan zaman , dan dalam era persaingan bebas, kita harus banyak belajar tentang hal hal yang menyangkut proses manajemen dalam lingkungan kerja, terutama tentang pentingnya sistem dan realisasinya dalam proyek di lapangan
- Management kualitas Proyek
Pada bagian ini di fokuskan pada proses dari management proyek. Ada 2 model atau teknik yang telah sukses di gabungkan dan di terapkan dalam pelatihan di konsultan konsultan konstruksi dalam meningkatkan kinerja proses dari management proyek, antara lain:Continuous Quality Model dan Process Quality Management Model
- Continuous Quality Model
- Process Quality Management Model
- Quality Assurance
Pemastian Mutu (Quality Assurance) adalah seluruh tindakan yang sistematis dan terencana yang diperlukan agar terjadi kepastian dan kepercayaan terhadap mutu produk/jasa yang diberikan. Aktivitasnya mencakup kegiatan proses, baik internal maupun eksternal termasuk merumuskan kebutuhan pelanggan. Maksud dari Quality assurance ini adalah mengidentifikasi kemajuan dari kualitas. Quality assurance mengevaluasi cost dari proyek secara keseluruhan secara teratur untuk menetapkan anggaran yang keluar relevan dan sesuai dengan standard kualitas
- Quality Control
Pemastian Mutu (Quality Assurance) adalah seluruh tindakan yang sistematis dan terencana yang diperlukan agar terjadi kepastian dan kepercayaan terhadap mutu produk/jasa yang diberikan. Aktivitasnya mencakup kegiatan proses, baik internal maupun eksternal termasuk merumuskan kebutuhan pelanggan. Maksud dari Quality assurance ini adalah mengidentifikasi kemajuan dari kualitas. Quality assurance mengevaluasi cost dari proyek secara keseluruhan secara teratur untuk menetapkan anggaran yang keluar relevan dan sesuai dengan standard kualitas
- Quality Control
Pengendalian Mutu (Quality Control) adalah teknik dan aktivitas operasi
yang digunakan agar mutu tertentu yang dikehendaki dapat dicapai.
Aktivitasnya mencakup monitoring, mengeliminir problem yang diketahui,
mengurangi penyimpangan/perubahan yang tidak perlu serta usaha-usaha
untuk mencapai efektivitas ekonomi
(Project Human Resource Management "Manajemen Sumber Daya")
1. Pengertian dan pentingnya Human Resource Management
- Pengertian Human Resource Management
Sumber daya manusia (SDM) manajemen (kadang-kadang disebut sebagai manajemen personalia) termasuk tanggung jawab keseluruhan untuk rekrutmen, seleksi, penilaian pengembangan, staf dan pelatihan, memahami dan menerapkan undang-undang ketenagakerjaan dan kesejahteraan
Human resources management mungkin memiliki tanggung jawab untuk perencanaan tenaga kerja atau bekerja untuk satu atau lebih direktorat (misalnya operasi, penitipan atau kecelakaan dan darurat) di mana mereka akan memberikan dukungan sumber daya manusia dan nasihat kepada manajer umum yang bertanggung jawab untuk direktorat itu. Hal ini mungkin melibatkan memberikan saran tentang pemindahan staf dari bangsal yang menutup atau iklan strategi untuk perekrutan staf baru. Human resource management mungkin memiliki tanggung jawab untuk kelompok tertentu staf seperti semua staf medis yang bekerja dalam sebuah kepercayaan human resource management
Beberapa manajer human resource management senior (direktur asisten misalnya sumber daya manusia) akan memiliki area yang luas tanggung jawab, seperti operasi atau pelatihan, pengembangan dan perekrutan, dan mengimplementasikan inisiatif nasional
- Pentingnya Human Resource Management
Ada berbagai peran pekerjaan dan jabatan dalam bidang manajemen. Berikut adalah beberapa contoh peran pekerjaan. Manajer sumber daya manusia yang bekerja dalam kepercayaan spesialis menyediakan layanan kesehatan mental untuk orang dewasa, orang tua, anak-anak dan remaja dan juga penyalahgunaan zat dan cacat spesialis belajar. Dalam contoh ini, manajer Human Resource akan mengambil peran utama dalam agenda trust sumber daya manusia dan mengarah pada tujuan khusus sumber daya manusia perusahaan
Bidang-bidang utama dari tanggung jawab akan mencakup: perekrutan &
retensi staf; pemeliharaan proses manajemen kehadiran; penanganan
keluhan formal dan proses disipliner dan banding; desain dan pengiriman
program pelatihan dan pengembangan; memberikan saran pada
prinsip-prinsip dan detail dari undang-undang ketenagakerjaan dan baik
praktek; pemeliharaan hubungan karyawan yang efektif termasuk
partisipasi dalam mesin lokal konsultasi formal dan proses-proses
pekerjaan, administrasi gaji dan evaluasi manajemen imbalan. Selain itu
akan ada kesempatan untuk memainkan peran kunci dalam proyek-proyek
spesifik sumber daya manusia perusahaan seperti Meningkatkan Kehidupan
Kerja, dan Agenda untuk Perubahan- Pengertian Human Resource Management
Sumber daya manusia (SDM) manajemen (kadang-kadang disebut sebagai manajemen personalia) termasuk tanggung jawab keseluruhan untuk rekrutmen, seleksi, penilaian pengembangan, staf dan pelatihan, memahami dan menerapkan undang-undang ketenagakerjaan dan kesejahteraan
Human resources management mungkin memiliki tanggung jawab untuk perencanaan tenaga kerja atau bekerja untuk satu atau lebih direktorat (misalnya operasi, penitipan atau kecelakaan dan darurat) di mana mereka akan memberikan dukungan sumber daya manusia dan nasihat kepada manajer umum yang bertanggung jawab untuk direktorat itu. Hal ini mungkin melibatkan memberikan saran tentang pemindahan staf dari bangsal yang menutup atau iklan strategi untuk perekrutan staf baru. Human resource management mungkin memiliki tanggung jawab untuk kelompok tertentu staf seperti semua staf medis yang bekerja dalam sebuah kepercayaan human resource management
Beberapa manajer human resource management senior (direktur asisten misalnya sumber daya manusia) akan memiliki area yang luas tanggung jawab, seperti operasi atau pelatihan, pengembangan dan perekrutan, dan mengimplementasikan inisiatif nasional
- Pentingnya Human Resource Management
Ada berbagai peran pekerjaan dan jabatan dalam bidang manajemen. Berikut adalah beberapa contoh peran pekerjaan. Manajer sumber daya manusia yang bekerja dalam kepercayaan spesialis menyediakan layanan kesehatan mental untuk orang dewasa, orang tua, anak-anak dan remaja dan juga penyalahgunaan zat dan cacat spesialis belajar. Dalam contoh ini, manajer Human Resource akan mengambil peran utama dalam agenda trust sumber daya manusia dan mengarah pada tujuan khusus sumber daya manusia perusahaan
Sumber: http://atamarenaperdana93.blogspot.com/2011/12/manajemen-proyek-dan-resiko.html
Numpang promo ya Admin^^
ReplyDeleteingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^