iklan

Kode iklan yang sudah di parse

Breaking News

RMT di dalam game online ternyata "SAH" !

 

Berdasarkan informasi dari orang-orang yang berkecimpung di perdagangan voucher dan RMT, peluang bisnis di bidang ini cukup terbuka lebar.

“Hasil yang didapat cukup lumayan. Bahkan untuk DotA2 penjualan item-nya sangat marak, user-nya saja sekitar 10 juta orang worldwide. Dan transaksi jual beli marak juga terjadi karena banyakitem-item baru yg di-publish setiap bulannya,” ujar Edwin Martinus yang memiliki usaha sampingan terkait RMT. Ia sendiri tak mau merinci berapa penghasilan “lumayan” yang didapatinya itu.

Edwin menambahkan, saking maraknya bisnis RMT, salah satu kendala yang dia hadapi justru kelangkaan stok item yang tidak bisa mengimbangi permintaan yang besar itu. “Satu bulan terakhir ini sedang tidak jualan karena stok barang sedang susah,” ungkapnya.

Steve, yang mengelola situs penjualan voucher permainan online JuraganGameOnline, mengatakan bahwa penjualan item dan gold semakin marak dan potensinya lumayan besar. Ia mengakui ada pihak publisher game yang melarang, namun hal itu akan sulit dilakukan. “Anak-anak yang bermain game mereka biasanya berteman satu dengan yang lain atau terjalin pertemanan akibat game. Bagaimana membuktikan bahwa mereka melakukan transaksi uang. Selain itu publisher juga tidak dirugikan, kecuali mereka mendapatkan item atau gold-nya dengan meng-hack game tersebut,” tuturnya

Seorang gamer yang menjadikan RMT sebagai bisnis, Dinar Wahyudin, mengatakan ia bisa menghasilkan pendapatan rata-rata 10-15 juta Rupiah per bulan. Dinar mengamini pendapat Steve dengan menambahkan, “Mereka bermain game dan menghasilkan item dan gold yang lebih banyak kemudian menjualnya. (Sah-sah saja) Selama melakukan dengan cara wajar.”

Fenomena di atas adalah hal yang terjadi saat ini. Pihak pengembang game sendiri masih terbagi, antara merangkul atau menghalangi dengan alasan demi sebuah gameplay yang adil atau merasakan menjadi pihak yang dirugikan. Dengan logika penerbit game, persaingan menjadi yang terhebat akan dimenangkan oleh orang yang bersedia mengeluarkan uang. Berikutnya RMT bisa berpotensi mengurangi penghasilan penyedia layanan game dari sisi penjualan item mall mereka.

Solusi permasalahan ini mungkin memerlukan komunikasi antara publisher dan gamer terkait bisnis RMT. Meski ada yang kontra, tidak sedikit yang justru tutup mata atau memberi kelonggaran dengan membiarkan RMT terjadi di antara pemain. Kehadiran RMT bisa menjadi salah satu pendorong suatu game akan terus dimainkan oleh banyak orang.

 Sebenarnya RMT itu legal selama dilakukan dengan cara yang wajar. Cara-cara yang tidak wajar bila gold / item didapat dengan cara yang ada di artikel (Kasus) Kenapa jual-beli item di dalam Game Online bisa kena ban ??

Source : https://id.techinasia.com/talk/rmt-di-dalam-game-online-ternyata-sah

 

No comments